Timor Leste, Dulu didukung Merdeka Sekarang Menyerukan Rakyatnya Melawan Australia

Apa kabar Sahabat Baca dan Sebarkan ? Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Australia, Artikel Berita, Artikel Internasional, Artikel Konflik, Artikel Politik Luar Negeri, Artikel Sengketa, Artikel Timor Leste, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Timor Leste, Dulu didukung Merdeka Sekarang Menyerukan Rakyatnya Melawan Australia
Link : Timor Leste, Dulu didukung Merdeka Sekarang Menyerukan Rakyatnya Melawan Australia

Baca juga


SebarSebarin.org - Lebih dari 10 ribu  warga Timor Leste mengepung Kedutaan Besar Australia di Dili untuk  memprotes penolakan Australia bernegosiasi dengan Timor Timur mengenai perbatasan Laut Timor yang kaya minyak dan gas.

source: Tempo.co/Yohanes Seo


Seperti dilansir Sidney Morning Herald, aksi warga Timor Timur itu  dilakukan setelah mantan Presiden dan Perdana Menteri Timor Timur, Xanana Gusmao, menyeru rakyatnya melakukan aksi protes. Unjuk rasa yang berlangsung pada 22-23 Maret 2016 itu merupakan yang terbesar sejak negara tersebut melepaskan diri dari Indonesia pada 1999.

Pada malam sebelum aksi, Xanana mengatakan Timor harus "berdiri teguh dan mengangkat satu suara" untuk menuntut Canberra melakukan negosiasi dengan Timor Leste.

Timor Leste mengklaim  telah kehilangan sekitar US$ 5 miliar (Rp 66 triliun) royalti dan penerimaan pajak di Laut Timor sejak kemerdekaan. Padahal angka tersebut cukup untuk membiayai semua anggaran negara selama tiga tahun.

Negara yang terbilang masih muda tersebut menegaskan bahwa mereka akan sejahtera dari royalti dan pajak eksploitasi Laut Timor jika norma-norma Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) dipatuhi Australia. Jika merujuk pada UNCLOS, Laut Timor, yang memiliki cadangan minyak dan gas, akan terletak dalam wilayah mereka.

Hampir semua elemen masyarakat Timor Leste turun ke jalan untuk melakukan aksi protes, termasuk mahasiswa dan veteran perjuangan panjang Timor Leste untuk kemerdekaan, bahkan pegawai negeri sipil juga bergabung.

Para pengunjuk rasa berteriak "lepaskan minyak Timor" dan "negosiasi sekarang" serta menuntut kasus ini dibawa kembali ke pengadilan.

"Sebagai negara besar dan kuat di wilayah tersebut, Australia tidak harus menggunakan kekuatannya untuk terus mencuri masa depan kami dari Laut Timor," kata Juvinal Dias, penyelenggara protes dari Gerakan Melawan Pendudukan Laut Timor.

"Australia harus datang ke meja dengan itikad baik untuk bernegosiasi dengan Timor Leste (Timor Timur)."

Banyak mantan aktivis Timor Leste dari Australia akan ikut unjuk rasa, yang direncanakan digelar pekan ini di Melbourne, Sydney, Adelaide, Jakarta, Manila, dan Kuala Lumpur, untuk menandai peringatan Australia menarik pengakuannya atas batas maritim sesuai dengan hukum internasional.

Perdana Menteri Timor Leste Rui Araujo menulis kepada Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull awal tahun ini guna meminta mereka membicarakan batas laut permanen di Laut Timor.

Turnbull menanggapinya dengan menawarkan pembicaraan bilateral, tapi menolak permintaan mengadakan diskusi khusus tentang isu batas maritim.

sumber: tempo.co

Demikianlah Artikel Timor Leste, Dulu didukung Merdeka Sekarang Menyerukan Rakyatnya Melawan Australia

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link https://bacasebar.blogspot.com/2016/03/timor-leste-dulu-didukung-merdeka.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Timor Leste, Dulu didukung Merdeka Sekarang Menyerukan Rakyatnya Melawan Australia"

Post a Comment