Allah Ceritakan Keburukan Umat Terdahulu Di Dalam Al-Quran Sebagai Pelajaran

Apa kabar Sahabat Baca dan Sebarkan ? Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel HIKMAH, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Allah Ceritakan Keburukan Umat Terdahulu Di Dalam Al-Quran Sebagai Pelajaran
Link : Allah Ceritakan Keburukan Umat Terdahulu Di Dalam Al-Quran Sebagai Pelajaran

Baca juga



[CERITA BURUK adalah HIKMAH]

Pernahkah kita menghitung berapa banyak ayat dalam Al-Quran yang memuat riwayat orang-orang berperilaku buruk seperti Namrud- Fir'aun (penguasa tiran-dzolim), Abu Lahab dan Istrinya (penghalang dakwah), Istri Nabi Luth (pendukung LGBT), Anak Nabi Nuh dan Ayah Nabi Ibrahim yang pro dan sekubu dengan kaum kafir, persekongkolan saudara-saudara Nabi Yusuf, perilaku kaum munafiq (orang Islam tapi benci dan memusuhi Islam) dan sebagainya?

Mengapa Allah SWT begitu 'tega' menceritakan kejelekan orang-orang buruk seperti itu kepada manusia?

Apakah Tuhan 'sakit hati' terhadap mereka sehingga dilampiaskan dengan 'mempergunjing' mereka? Ataukah Tuhan sedang memberi contoh dan mengajarkan hikmah agar kita sebagai umat yang datang kemudian untuk tidak meniru perilaku mereka?

Lalu tahukah kita, di mana letak perbedaan orang-orang yang sedang mengambil hikmah dengan orang-orang yang bergunjing ketika mereka harus bercerita tentang keburukan seseorang?

Cerita buruk adalah contoh yang baik jika diniatkan untuk mengambil hikmah (pelajaran), bukan untuk lebih menjerumuskan orang-orang buruk yang sudah terjerumus.

Kekalahan dalam peperangan, kejadian penganiayaan, ketidaktercapaian dalam hidup adalah cerita-cerita buruk yang bisa kita ambil hikmahnya.

Maka mari bersama-sama membersihkan niat kita ketika dengan sukarela atau terpaksa harus mengambil hikmah dari sebuah cerita yang buruk.

 لَقَدۡ كَانَ فِى قَصَصِہِمۡ عِبۡرَةٌ۬ لِّأُوْلِى ٱلۡأَلۡبَـٰبِ‌ۗ مَا كَانَ حَدِيثً۬ا يُفۡتَرَىٰ وَلَـٰڪِن تَصۡدِيقَ ٱلَّذِى بَيۡنَ يَدَيۡهِ وَتَفۡصِيلَ ڪُلِّ شَىۡءٍ۬ وَهُدً۬ى وَرَحۡمَةً۬ لِّقَوۡمٍ۬ يُؤۡمِنُونَ

"Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka (para Nabi dan umat mereka) itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal (sehat). Al-Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS Yusuf [12]:111)

Sudahkah kita mengambil hikmah dari cerita-cerita para pemimpin bangsa ini?

Wallahu a'lam.

(Rudi Rosidi)


Demikianlah Artikel Allah Ceritakan Keburukan Umat Terdahulu Di Dalam Al-Quran Sebagai Pelajaran

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link https://bacasebar.blogspot.com/2016/08/allah-ceritakan-keburukan-umat.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Allah Ceritakan Keburukan Umat Terdahulu Di Dalam Al-Quran Sebagai Pelajaran"

Post a Comment