INILAH Aturan Cara Minum yang Baik dan Benar ala Rasulullah

Apa kabar Sahabat Baca dan Sebarkan ? Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Islami, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : INILAH Aturan Cara Minum yang Baik dan Benar ala Rasulullah
Link : INILAH Aturan Cara Minum yang Baik dan Benar ala Rasulullah

Baca juga



SocialTrending - BERBAGAI cara menjalankan kehidupan sehari-hari umat Muslim dicontohkan oleh Nabi Muhammad, hal ini disebut sunnah. Jangankan dalam hal beribadah, aktifitas sehari-hari seperti cara makan dan minum juga dicontohkan Rasulullah.

Dilansir dari WikiHow, Kamis (11/8/2016) berikut aturan minum menurut sunah Rasulullah adalah sebagai berikut.

Minum menggunakan wadah


Orang akan minum saat merasa haus, Rasulullah mengajarkan ketika seorang Muslim minum, hendaklah ia mengambil sebuah wadah. Ambil gelas bersih dan isi sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan. Jangan juga langsung minum dari tempat sumber penyimpanan air. Nabi Muhammad berkata, "Jangan minum langsung dari kendi air (atau wadah air).” (Hadist riwayat Bukhari). Jumlah air yang diminum juga haruslah sesuai kebutuhan, manusia membutuhkan setidaknya 1,5 hingga 2 liter air perhari.

Ucapkan Bismillah


Hadist Tirmidzi meriwayatkan, Rasulullah mengatakan hendaknya setiap muslin mengucapkan Bismillah sebelum minum. Bacaan yang artinya Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang ini diucapkan tidak lain sebagai ucapan terima kasih. Allah SWT adalah yang memberikan air sebagai sumber kehidupan di bumi sudah sepatutnya kita memuji atas nikmatnya.

Minum dengan Tangan Kanan


Tangan kanan idealnya lebih banyak digunakan untuk melakukan kegiatan apapun. Untuk minum juga harus diusahakan menggunakan tangan kanan, bahkan untuk orang kidal. Nabi Muhammad SAW, mengatakan “Jangan makan dan minum dengan tangan kiri karena setan makan dengan tangan kiri.” Demikian seperti diriwayatkan hadist Muslim.

Minum dalam posisi duduk


Minumlah dalam posisi duduk, kecuali air zam-zam. Nabi Muhammad mengatakan “Duduklah dan minum,” Hadist Riwayat Muslim. Ilmu pengetahuan telah membuktikan jika minum air sambil berdiri atau sambil berjalan akan memberi efek buruk pada pencernaan. Kerusakan ginjal, arthritis, ketegangan saraf dan gangguan pencernaan lain banyak disebabkan karena kebiasaan minum sambil berdiri.

Jangan meniup minuman


Minuman panas biasanya membuat orang tak sabar ingin meneguknya, meniup adalah satu cara untuk membuatnya cepat dingin, tapi cara ini salah. Minuman dalam wadah tidak boleh ditiup. Abdullah Bin Abbas ra., menceritakan Rasulullah pernah berkata “Jangan meniup makanan atau minuman dari mulut.” Sementara hal ini dibuktikan dalam ilmu pengetahuan. Menghembuskan gas CO2 ke dalam segelas air menyebabkan ia bereaksi membentuk asam karbonat yang mengganggu stabilnya pH dalam tubuh. Hal ini menyebabkan gangguan darah yang mengandung terlalu banyak asam. Tapi wajib hukumnya melihat air sambil minum.

Ucapkan Alhamdulillah


Kalimat pujian harusnya diucapkan usai minum. Nabi Muhammad mengatakan “Bacalah Bismillah sebelum minum dan ucapkan Alhamdulillah usai minum.” Hal ini tidak lain dilakukan untuk mengucapkan kalimat syukur atas nikmat Allah karena diberkahi dengan air yang merupakan sumber kehidupan di muka bumi.





Sumber : lifestyle.okezone.com

Demikianlah Artikel INILAH Aturan Cara Minum yang Baik dan Benar ala Rasulullah

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link https://bacasebar.blogspot.com/2016/08/inilah-aturan-cara-minum-yang-baik-dan.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "INILAH Aturan Cara Minum yang Baik dan Benar ala Rasulullah"

Post a Comment