Lima Ilmuwan Jenius Muslim Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya

Apa kabar Sahabat Baca dan Sebarkan ? Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Serba Serbi, Artikel Tokoh, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Lima Ilmuwan Jenius Muslim Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya
Link : Lima Ilmuwan Jenius Muslim Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya

Baca juga


 Bikin Bangga Ternyata ada Lima ilmuwan Muslim Asli Indonesia yang ternyata sudah diakui dunia karena temuan bermanfaatnya siapa saja?

Sebagai salah satu negara berkembang tentu sumber daya manusia negara Indonesia masih kalah dari negara yang sudah maju. Hampir banyak manusia yang susahnya ketimbang manusia yang sudah hidup sejahtera di Indonesia. Seakan hukum yang kaya makin kaya dan yang miskin tetap miskin seolah sesuatu yang tidak bisa terbantahkan lagi di Indonesia.

Apalagi perhatian pemerintah kepada orang-orang yang dianggap punya kemampuan diatas rata-rata sangatlah minim. Mereka yang berani berbuat dan berani mencoba untuk membuktikan Indonesia itu bisa malah diacuhkan dan bahkan dianggap sebagai tindakan kriminal. Tak heran jika saat ini banyak orang pintar dari Indonesia malah terkenal di luar sana ketimbang di negeri kelahirannya sendiri.

Meski begitu kita masih bisa berbangga diri, walau diakui oleh negara lain orang-orang jenius Indonesia di luar sana masih tetap menjadikan Indonesia sebagai darah dagingnya menjadikan Indonesia atas temuannya dan menjadikan Indonesia dikenal dunia. Seperti lima ilmuwan jenius berikut ini. 

Walau sedikit dari mereka yang masih di telantarkan dan tidak di dukung oleh pemerintah namun kinerja mereka sudah sangat diakui dan bahkan dunia pun menjadikan temuan yang dilahirkan oleh ilmuwan Indonesia sebagai rujukan sebuah penelitian. Nah bangga kan?

BJ Habibie Si Jenius Sekaligus Pemimpin Indonesia Tercerdas

Lima Ilmuwan Jenius Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya

AnakRegular - Ilmuwan jenius asli Indonesia dan telah diakui dunia adalah BJ Habibie dengan nama lengkap Baharuddin Jusuf Habibie. Beliau adalah sosok paling berpengaruh dalam dunia penerbangan, beliau pulalah yang menemukan Teori, Faktor dan Metode Habibie dalam teknologi Pesawat Terbang.

Sosok yang dikenal sangat romantis dan setia pada pasangan hidunya ini dikenal sebagai sosok yang sangat jenius danal dunia auronautika. Sabagai seorang penemu, nama Habibie pun masuk dalam salah satu pemegang hak paten dunia dari beberapa penerbangan. Hasil karyanya telah di akui dan di jadikan beberapa rujukan oleh beberapa produsen pesawat terbang.

Salah satu buah pemikiran dan sekarang sudah menjadi standar penerbangan adalah teori keratakan pesawat. Pada Teori ini BJ Habibie berhasil menghitung keretakan dengan rinci sekali sampai pada hitungan atomnya. Dengan Teori ini, resiko pesawat akan jatuh dan celaka sangat jauh. Selin itu, menggunakan teori yang di temukan oleh mantan presiden RI ini maka merawat pesawat pun akan lebih mudah dan murah.

Doktor rer. Nat. (rerum Naturalium) Evvy Kartini - Ilmuwan Ahli Nuklir Terbaik dari Indonesia

Lima Ilmuwan Jenius Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya

AnakRegular - Tak hanya BJ Habibie saja yang berjasa atas penemuan serta hak paten yang telah diakui dunia, sosok wanita bernama Doktor rer. Nat. (rerum Naturalium) Evvy Kartini juga merupakan ilmuwan jenius yang sangat dibanggakan Indonesia. Beliau adalah salah satu ahli Fisikawan terutama di bidang pengembangan tenaga nuklir.

Beliau dikenal publik sebagai sosok penemu dari penghantar listrik berbahan gelas dengan teknik hamburan netron yang berbeda sepuluh ribu kali lipat dari bahan sebelumnya. Penemuannya itu berhasil dicetuskan ketika Evyy magang di Hahn Meitner Institute (HMI) di Berlin, Jerman, 1990. Evvy dibimbing ahli hamburan neutron Prof. Dr. Ferenc. Tahun 1996, melalui kolaborasinya dengan Ilmuwan Kanada.

Sejak saat itu, Evvy  kembali menemukan hal baru, yaitu adanya puncak Boson pada saat energi rendah. Temuan itu dipresentasikannya pada 600 peserta konferensi hamburan netron Eropa I/ECNS di Interlaken, Swiss. Hingga pada akhirnya , temuannya itu menghantarkan nama Evvy tercatat dalam jurnal internasional, Canadian Journal of Physics (1995), Physical Review B (1995), dan Physica B (1997). 

Beliau pun mulai berkolaborasi dengan profesor dari Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia (ANSTO). Tahun 1998 ia menerima penghargaan Riset Unggulan Terpadu (RUT) VI dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi atas penelitiannya berjudul “Sintesa dan Karakterisasi Bahan-bahan Gelas Superionik (AgI)x(AgPO3)1-x”.

Ir. Adi Rahman Adiwoso M.Sc Ilmuwan Indonesia Pencetus Aeronautika

Lima Ilmuwan Jenius Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya

AnakRegular - Muda dan berprestasi mungkin itulah yang bisa digambarkan pada sosok lelaki bernama Ir. Adi Rahman Adiwoso M.Sc. Beliau merupakan salah satu ilmuwan ternama Indonesia yang berhasil mencetuskan aeronautika. 

Ir. Adi Rahman Adiwoso M.Sc yang merupakan lulusan di Bachelor of Science dari Universitas Purdue, Amerika Serikat (1975) dan Master of Science Bidang Aeronautika dan Astronautika, Institut Teknologi California, Amerika Serikat itu mengaku sempat bekerja di bagian perakitan satelit Hughes Aircraft.

Namun , setelah 8 tahun berkerja Adi pulang ke tanah kelahirannya, Yogyakarta. Berbekal keahliannya dia lantas menghasilkan teknologi sekaligus produk baru yang belum pernah ada di pasaran dunia.

Dengan temuannya itu, Ir. Adi Rahman Adiwoso M.Sc mengatakan jika hasil temuannya ini  memungkinkan komunikasi handphone mampu dilakukan di mana saja. Meski jaringan kabel belum menjangkau dan telepon seluler kehilangan sinyal. Ia menemukan Alat telekomunikasi bebas blank spot dan hemat tempat berkat ide memasang satelit telekomunikasi di orbit geostationer.

Di lintasan imajiner yang letaknya 36.000 km di atas permukaan bumi itulah, Adi menempatkan satelit Garuda 1. Satelit gagasannya itu berbobot 4,5 ton yang dilengkapi dua antena payung kembar selebar 12 meter dan mampu menjangkau sepertiga kawasan dunia. Karena ukurannya cukup besar, intensitas pancaran sinyalnya juga cukup besar.

Dan kabarnya , peluncuran satelit sipil terbesar di dunia pada Februari 2000 itu mengejutkan operator telepon satelit dunia. Karena seluruh satelit telekomunikasi dunia diluncurkan di orbit rendah (600 – 1.000 km) dan menengah (7.000 – 10.000 km).

Prof. Dr. Khoirul Anwar Ilmuwan Indonesia Penemu Jaringan 4G

Lima Ilmuwan Jenius Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya

AnakRegular - Saat ini dunia teknologi khususnya yang berbasis dengan komunikasi tentu sedang gencar menggenjot teknologi 4G. Hampir semua produsen saling berlomba mengeluarkan produk terbarunya dengan harapan bisa support dan lengkap dengan fitur terbarunya termasuk 4G pada ponsel. Namun siapa sangka dibalik tenarnya nama 4G ada sosok ilmuwan Indonesia di dalamnya.

Ya, teknologi 4G ternyata di temukan oleh seorang ilmuwan jenius asal Indonesia bernama Prof. Dr. Khoirul Anwar. Baru baru ini beliau sudah berhasil mematenkan temuannya dalam basis sistem telekomunikasi 4G  OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).

Prof. Dr. Khoirul Anwar mengatakan jika temuan nya ini berfungsi dalam mengurangi daya transmisi pada sistem multicarrier seperti Orthogonal Frequency-division Multiplexing (OFDM) dan Multi-carrier Code Division Multiple Access (MC-CDMA).

Sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM yang ia temukan kini digunakan oleh sebuah perusahaan elektronik besar asal Jepang. Bahkan teknologi ini juga tengah dijajaki oleh raksasa telekomunikasi China, Huawei Technology.

Dan berkat temuannya ini , Prof. Dr. Khoirul Anwar  kini bekerja di Nara Institute of Science and Technology, Jepang. Khoirul adalah lulusan dari Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung dengan cum laude di tahun 2000. 
Meraih gelar master dan doktor dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST) pada tahun 2005 dan 2008. Ia menerima IEEE Best Student Paper award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, California, USA.

Yogi Ahmad Erlangga Ilmuwan Indonesia Yang Ahli dalam Rumus Matematika

Lima Ilmuwan Jenius Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya

AnakRegular - Terakhir sosok ilmuwan Indonesia dengan kejeniusan luar biasa adalah Yogi Ahmad Erlangga. Dikatakan beliau merupakan sosok ahli dalam bidang matematika yang sudah memecahkan salah satu rumus matematika tersulit di dunia yakni persamaan Hemlholtz.

Yogi Ahmad Erlanggan yang kini telah meraih gelar S3 di Deft , Belanda ini sudah berhasil memecahkan rumus Hemlholtz selama 30 tahun .

Rumus tersebut berhasil dipecahkan ketika dirinya diminta oleh perusahaan minyak Shell untuk menyelesaikan sebuah soal menggunakan rumus tersebut. Dan ternyata , butuh waktu empat tahun Yogi bisa memecahkan rumus tersebut. Dirinya pun mendapatkan pujian dari universitas-universitas di Eropa, Israel, dan Amerika.

Menurut pengakuan Yogi , persamaan Hemlholtz sendiri sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan minyak. Karena dengan rumus tersebut, mereka dapat menemukan sumber minyak 100 kali lebih cepat di perut bumi dengan gelombang elektromagnetik akurasi tinggi. 

Walau keberhasilannya ini sangat penting bagi masyarakat dunia, beliau ternyata amat rendah hati. Ia bahkan tak ingin mematenkan temuannya. Menurutnya, mematenkan temuan tersebut hanya akan menghambat perkembangan riset selanjutnya.

Allahu Akbar ! 


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

Demikianlah Artikel Lima Ilmuwan Jenius Muslim Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link https://bacasebar.blogspot.com/2016/10/lima-ilmuwan-jenius-muslim-asli.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to " Lima Ilmuwan Jenius Muslim Asli Indonesia Yang Diakui Dunia Atas Temuannya"

Post a Comment