Musibah Yang Menimpa Agama, Itu Jauh Lebih Berat Dari sekedar Bencana Alam

Apa kabar Sahabat Baca dan Sebarkan ? Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Nasihat, Artikel Tafsir Alquran - Hadist - Ijma, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Musibah Yang Menimpa Agama, Itu Jauh Lebih Berat Dari sekedar Bencana Alam
Link : Musibah Yang Menimpa Agama, Itu Jauh Lebih Berat Dari sekedar Bencana Alam

Baca juga


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiy-TtwJMedPtV1gf_fFAFvSMLdyN4MHVNv4g-PzI9CexMhb0GmTPWUdbNASRmg6HSXItwuuEIG6jhcSP92xSFCS1VGT41LT2zsNbZ3fHaWP5eoaiFhaQkdOjDG6hlCISiZXA4Xo9xtZN5M/s1600/natural0.jpg

Ummu Adam Zakariya

Pertanyaan :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz

Afwan, ada pertanyaan sbb :

Saya mau tanya adakah hadits yg isi nya : sebaik-baiknya ujian dari Allah adalah bukan ujian Agama .


وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ


Mohon jawaban dari Ustadz, Syukron jazakallahu khairan

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :

(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 45)


وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Maaf saya belum mengetahui hadits yang maknanya seperti itu. Tetapi di sana terdapat suatu hadits yg menerangkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdoa kepada Allah agar Allah tidak menimpakan musibah atau ujian kepada beliau dalam urusan agama, yaitu doa beliau berikut ini:

وَلَا تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِي دِينِنَا، وَلَا تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا، وَلَا مَبْلَغَ عِلْمِنَا

“Ya Allah, Janganlah Engkau jadikan musibah yang menimpa kami dalam urusan agama kami, dan jangan pula Engkau jadikan (harta dan kemewahan) dunia sebagai cita-cita kami yg paling besar, dan tujuan utama dari ilmu yg kami miliki.”

(Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi V/528 no.3502, An-Nasa’I dalam As-Sunan Al-Kubro VI/106, Al-Hakim I/528, dan Ibnu As-Sunny dalam Amalul Yaum wa Al-Lailah no.445).

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiHmnsXQOT7hL1BlKL7Vb2za6DIqWJGwO_VvgtH9ly4zk0LP-ZS0DGbQzgtgCH7ge7c1A_4RR-Rl-mN6o5rc84cZKjV9dj5I0lfHY6K74OSV2FT3mimTnpZbgir2AC_nSWW5clCBygKw4/s1600/207615_10151121659405180_888857438_n.jpg

DERAJAT HADITS tersebut HASAN (baik), sebagaimana dinyatakan oleh syaikh Al-Albani di dalam Shohih Sunan At-Tirmidzi III/168 no.2783, dan Shohih Al-Jami’ I/400.


MAKNA HADITS:

Doa Nabi yg berbunyi: “Jangan Engkau Jadikan musibah yang menimpa kami dalam urusan agama kami” maksudnya ialah janganlah Engkau menimpakan kepada kami suatu musibah yang menyebabkan berkurang atau hilangnya agama dan keimanan kami, seperti musibah berbuat kemurtadan, kemusyrikan dan kekufuran, atau memiliki keyakinan yg sesat dan batil, atau melalaikan kewajiban dan bermalas-malasan dlm menjalankan ketaatan, melakukan hal2 yg haram, atau berkuasanya orang2 kafir dan munafik atas kaum muslimin, dsb.

Demikianlah maksud doa Nabi di atas, karena musibah dalam urusan agama merupakan sebesar-besarnya musibah yang menimpa seorang hamba di dunia, dan hal ini akan menyebabkan kesengsaraan dan kebinasaannya di akhirat kelak.


Demikian jawaban yg bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.



Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

Demikianlah Artikel Musibah Yang Menimpa Agama, Itu Jauh Lebih Berat Dari sekedar Bencana Alam

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link https://bacasebar.blogspot.com/2016/10/musibah-yang-menimpa-agama-itu-jauh.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Musibah Yang Menimpa Agama, Itu Jauh Lebih Berat Dari sekedar Bencana Alam"

Post a Comment