Ini Alasan Kenapa Golongan Darah AB Cukup Langka

Apa kabar Sahabat Baca dan Sebarkan ? Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel info, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Alasan Kenapa Golongan Darah AB Cukup Langka
Link : Ini Alasan Kenapa Golongan Darah AB Cukup Langka

Baca juga



BuzzerTweet - Ketika seseorang menjadi donor darah, biasanya tim dari palang merah akan memberikan kartu yang berisikan informasi golongan darah. Dan bila orang tersebut ternyata memiliki golongan AB, itu tandanya ia masuk dalam kategori yang cukup langka.

Penggolongan darah menjadi empat grup A, B, AB, dan O ini pada dasarnya dilakukan untuk mengidentifikasi antigen apa yang dimiliki seseorang. Antigen sendiri adalah penanda biologis yang jadi patokan darah apa yang bisa bercampur, karena bila darah dari dua kelompok berbeda dipertemukan maka dapat terjadi reaksi autoimun berbahaya.

Sederhananya ketika orang dengan golongan darah B mendapatkan transfusi darah dari golongan A, maka tubuh si B akan mengidentifikasi darah A sebagai objek asing yang perlu ditumpas.

Lalu mengapa golongan darah AB bisa jadi yang paling langka? Dr Leslie Silberstein dari Harvard Stem Cell Institute menjelaskan golongan darah AB langka karena alasan faktor genetik.

"Kita mewarisi genetik untuk golongan darah ini dari kedua orang tua. Kode genetik yang menentukan protein antigen apa yang muncul di sel darah merah kita nantinya," kata Silberstein seperti dikutip dari Live Science, Senin (28/3/2016).

Nah ketika seseorang memiliki kode gen untuk golongan darah A dan pasangannya juga punya gen untuk A atau O, maka sang anak akan memiliki golongan darah A. Kode gen O dalam hal ini pengaruhnya tak begitu kuat sehingga ia baru bisa muncul ketika seseorang memiliki dua pasang gen untuk kode O.

Oleh karena itu pemilik golongan darah AB baru bisa muncul bila seseorang memiliki kode genetik untuk A dan juga B. Sementara berdasarkan data yang dimiliki Stanford School of Medicine diperkirakan golongan darah O dimiliki sekitar 44% populasi dunia, disusul darah A sebanyak 42%, lalu B sebanyak 10%, dan terakhir AB sebanyak 4%.

Silberstein mengatakan dari jumlah kasar populasi tersebut terlihat jelas bahwa kemungkinan terjadinya perkawinan yang mempertemukan informasi genetik untuk golongan darah A dan B lebih sedikit di bandingkan dengan golongan lainnya.

Meski langka, Silberstein mengatakan ada hal positif yang bisa didapat oleh orang yang bergolongan darah AB. Karena antigennya yang unik mereka bisa mendapatkan transfusi dari golongan darah apa saja.




Demikianlah Artikel Ini Alasan Kenapa Golongan Darah AB Cukup Langka

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link https://bacasebar.blogspot.com/2016/08/ini-alasan-kenapa-golongan-darah-ab.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Golongan Darah AB Cukup Langka"

Post a Comment