Bukan Taj Mahal, Ini Masjid Megah yang Lagi Hits di Jakarta

Apa kabar Sahabat Baca dan Sebarkan ? Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Foto, Artikel Populer, Artikel Serba Serbi, Artikel Travel, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Bukan Taj Mahal, Ini Masjid Megah yang Lagi Hits di Jakarta
Link : Bukan Taj Mahal, Ini Masjid Megah yang Lagi Hits di Jakarta

Baca juga





Traveler yang melewati Danau Sunter, Jakarta mungkin pernah lewat bangunan putih bergaya Taj Mahal. Faktanya, itu adalah masjid yang dibuat oleh seorang mualaf.

Itulah Masjid Ramlie Musofa yang sedang populer beberapa bulan terakhir ini. detikTravel yang tengah melintas pada hari Sabtu kemarin (1/10/2016) pun dibuat penasaran dan mampir untuk beribadah.

Kebetulan ada beberapa tempat untuk parkir kendaraan mobil atau motor di depan masjid. Tukang parkir pun dengan gesit segera mengarahkan.

Saat itu saya datang pada siang hari. Berhubung hari Sabtu, kepadatan kendaraan pun sedikit terjadi di depan masjid. Selain ruas jalan yang memang hanya untuk dua lajur, tak sedikit juga wisatawan yang menepi dan mampir ke dalam Masjid Ramlie Musofa.

Plang tulisan masjid yang beraksara mandarin (Randy/detikTravel)Plang tulisan masjid yang beraksara mandarin (Randy/detikTravel)

Tulisan tiga aksara di dinding masjid (Randy/detikTravel)Tulisan tiga aksara di dinding masjid (Randy/detikTravel)
Keunikan pertama pun terlihat dari aksara Mandarin yang tertera di bawah plang tulisan masjid. Penasaran, saya pun bertanya pada penjaga masjid yang juga menyambut para tamu di depan gerbang.

"Namanya Masjid Ramlie Musofa, beliau yang punya adalah mualaf, untuk keterangan lebih detilnya coba tanya ke pengurus masjid saja," ujar pengurus masjid yang tidak menyebutkan namanya.

Informasi yang dihimpun detikTravel, masjid yang terletak di Jl Danau Sunter Selatan Blok I 10 no.12 C tersebut dibangun sejak 2011 oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa yang menjadi mualaf. Masjidnya pun diresmikan pada 15 Mei 2016.

Eksterior masjid (Randy/detikTravel)Eksterior masjid (Randy/detikTravel)

Tempat wudhu di sisi kanan dan kiri masjid (Randy/detikTravel)Tempat wudhu di sisi kanan dan kiri masjid (Randy/detikTravel)
Memasuki gerbang, traveler akan dibuat terpukau oleh arsitektur masjid yang megah dan didominasi warna putih. Di bagian tengahnya ada sebuah tangga yang terhubung dengan dalam masjid, serta tempat wudhu laki-laki di sisi kanan dan perempuan di sisi kiri.

Unsur Tiongkok pun kembali muncul pada beberapa bagian eksterior dan halaman masjid. Contohnya lewat penggalan ayat Al Quran, yakni surat Al Qariah yang terpampang di dinding masjid bagian luar.

Di sisi kiri dan kanan dari tangga masuk masjid juga tampak penggalan surat Al Fatihah. Tulisan tersebut pun tertulis dalam tiga aksara bahasa, yakni Mandarin, Arab dan Indonesia.

Sedangkan di bagian luar dari lantai dua masjid dapat dijumpai bedug bertuliskan aksara Arab serta tempat untuk melihat pemandangan. Ada juga monumen prasasti yang ditandatangani oleh pemilik masjid, Haji Ramli Rasidin dan Imam Besar Masjid, Profesor Doktor Haji Nasaruddin.

Interior di dalam ruang salat (Randy/detikTravel)Interior di dalam ruang salat (Randy/detikTravel)
Memasuki ruang salat, kesan megah pun semakin tampak lewat sejumlah pilar, lampu pijar dan kubah bertuliskan Allah dalam bahasa Arab. Sungguh sejuk dan menenangkan hati.

Usai salat, tak sedikit juga traveler yang mengabadikan keindahan Masjid Ramlie Musofa lewat kamera ponselnya. Ada yang hanya sekedar mengabadikan keindahan arsitekturnya hingga foto selfie.

Traveler yang kebetulan tengah melewati Danau Sunter atau penasaran, tentunya bisa mampir ke Masjid Ramlie Musofa. Anda akan dibuat kagum oleh kemegahannya.

(rdy/fay)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

Demikianlah Artikel Bukan Taj Mahal, Ini Masjid Megah yang Lagi Hits di Jakarta

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link https://bacasebar.blogspot.com/2016/10/bukan-taj-mahal-ini-masjid-megah-yang.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Bukan Taj Mahal, Ini Masjid Megah yang Lagi Hits di Jakarta"

Post a Comment